MENGENAL GENOSIDA


Genosida adalah sebuah pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau sekelompok orang dengan maksud untuk memusnakan karena alasan ras, etnis, agama atau bangsa.

Istilah Genosida semakin sering di dengar sejak tragedi pembantaian kaum Yahudi di Jerman oleh Adolf Hitler dan kelompok Nazi.

Macam-macam Tindakan Genosida

Melakukan genosida tidak hanya melibatkan pembunuhan fisik, tetapi juga serangan terhadap semangat sekelompok masyarakat termasuk cara hidup sosial, ekonomi dan politik mereka, antara lain seperti :

● Membantai suatu kelompok masyarakat.

● Menyebabkan kerusakan fisik atau mental yang serius terhadap suatu kelompak masyarakat.

● Secara sengaja memberikan kondisi hidup yang tidak menyenangkan kepada sekelompok orang yang diperhitungkan akan menimbulkan pengerusakan fisik secara keseluruhan atau separuhnya.

● Melakukan tindakan untuk mencegah kelahiran di dalam kelompok masyarakat.

● Secara paksa memindahkan anak-anak dari suatu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lain.

Sejarah Genosida

Pada tahun 1946 genosida pertama kali diakui sebagai kejahatan menurut hukum Internasional oleh mejelis umum PBB, berkat kampanye seorang pengecara Yahudi Polandia bernama Raphael Lemkin.

Pada tahun 1944 Raphael Lemkin menggambarkan kebijakan pembantaian sistematis Nazi termasuk pembinasaan kaum Yahudi Eropa selama Holocaust, Lemkin membentuk kata "Genocide" (genosida) dengan menggabungkan kata "Geno" dari bahasa Yunani yang berarti ras atau suku dengan kata "Cide" (sida) yang berasal dari bahasa latin yang berarti pembantaian.

Genosida dijadikan sebagai kejahatan independen dalam konvensi pada tahun 1948 oleh PBB tentang pencegahan dan penghukuman kejahatan genosida dan berlalu pada bulan Januari 1951.

Kasus Genosida Di Indonesia

● Pembantaian G30S PKI Tahun 1965

Kasus genosida terbesar yang pernah terjadi di Indonesia adalah peristiwa G30S, dimana dilakukan terhadap orang-orang yang diduga komunis di Indonesia, korban meninggal mencapai 500.000 jiwa. 

Atas perintah Soeharto untuk menumpas G30S, panglima RPKAD (Resimen Para Komando Angkatan Darat) atau sekarang disebut Kopassus Sarwo Edhie Wibowo. Dimana pada operasi G30S di Jawa dan Bali memakan korban hingga 3 Juta jiwa.

● Pembantaian Westerling 

Pembantaian ini berlangsung pada akhir Tahun 1946 hingga awal Tahun 1947, diperkirakan 40.000 orang meninggal. 

Pembantaian ini dilakukan oleh pasukan elit Belanda dibawah kepemimpinan Raymond Pierre Paul Westerling di Sulawasi Selatan.

● Geger Pecinaan 1740

Kebijakan Jenderal VOC Adrian Vakckenier untuk mengurangi populasi enis Tionghoa di Batavia. Pembantaian yang terjadi pada tahun 1740 menewaskan 10.000 lebih etnis Tionghoa dan lebih dari 700 rumah mereka dijarah dan dibakar VOC.

Kasus Genosida Internasional

● Holocaust

Tragedi pembunuhan massal oleh Adolf Hitler dan Kelompok Nazi menyebabkan lebih dari 6 juta orang Yahudi terbunuh.

● Armenia

Pembuhuhan massal orang-orang Armenia oleh Turki Ottoman antara tahun 1915 - 1920

● Rwando di Afrika

Kejadian ini menewaskan sekitar 800.000 orang Tutsi dan Hutu moderat dalam genosida tahun 1994.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELANJA ONLINE DI FELANCY SEBAGAI BENTUK SELF LOVE

PELUANG MENCARI PENGHASILAN SEBAGAI CONTENT CREATOR HANDAL BERSAMA REVU

BIJAK MERENCANAKAN KEUANGAN DAN CARA MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN MELALUI REFERRAL PROGARAM TUNAIKU AMAR BANK