MENDIDIK ANAK DALAM KEBERAGAMAN

Hai lovers ❤️

Keberagaman, Kadang kita sebagai orang tua lupa mengajarkan anak pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial artinya bahwa kita tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain disekitarnya, dengan saling membantu di tengah keberagaman masyarakat, hidup akan terasa aman, nyaman dan terteram.

Apalagi kita hidup ditengah-tengah masyarakat yang memiliki keanekaragaman di segala bidang kehidupan. Ketika bergaul dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari tentu kita akan bertemu dengan keanekaragaman.



Indahnya Hidup Berbhinneka Dalam Keberagaman

Lovers pasti ingat lambang negara kita, Burung Garuda, pada cengkraman kakinya terdapat pita yang bertuliskan "Bhinneka Tunggal Ika" kalimat tersebut diambil dari Kitab Sutasomo karangan Mpu Tantular, yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Kata-kata tersebut kemudian diberi makna yang lebih luas dan menjadi semboyan "Meskipun berdeda-beda, tetapi tetap satu jua". Semboyan itulah kemudian yang mengikat keberagaman Bangsa Indonesia menjadi satu kesatuan.

Indahnya Saling Menghargai

Tanamkan sedini-dininya kepada anak bahwa Tuhan menciptakan manusia itu berbagai bentuk dan warna, ada yang putih, ada yang hitam, tinggi, rendah, berambut keriting dan lurus. semua tidak ada yang serupa. 

Demikian pula kehidupan manusia, ada yang kaya dan ada yang miskin, seperti halnya Bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, dan adat istiadat, dan bagaimana kita dapat hidup ditengah-tengah keberagaman itu? Tentu saja kita harus saling menghargai, menghormati dan menyayangi antar sesama manusia.




Menghormati dan Menghargai Sesama Manusia

Wujud nyata sikap saling menghormati sesama manusia adalah toleransi. Toleransi merupakan sikap dan perilaku mau menerima perbedaan. Ajarkan anak untuk dapat menerima dan menghargai perbedaan terhadap kebiasaan dan prilaku temannya.

Membantu teman yang sedang kesulitan tanpa memandang atau membedakan kaya, miskin, cantik, jelek dan seterusnya. Perlakukan teman layaknya saudara dengan saling membantu, saling memaafkan, dan saling mengigatkan.

Perilaku Yang Mencerminkan Keberagaman 

Keberagaman merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari, karena setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, meskipun memiliki sejumlah perbedaan sudah selayaknya kita mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi.

Sikap Dan Perilaku Yang Mencerminkan Keberagaman Yang Harus Diajarkan ke anak yaitu :

  • Menghargai pendapat teman.
  • Menghormati asal usul teman.
  • Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan agama.
  • Tidak membedakan teman berdasarkan kaya atau miskin.
  • Menghormati tradisi dari daerah lain.
  • Mengormati bahasa daerah dari suku bangsa lain.
  • Menghargai perilaku orang lain meskipun berbeda dengan perilaku kita.
  • dan lain sebagainya.

Menumbuhkan Rasa Empati

Salah satu cara saya menumbuhkan rasa empati anak, dengan mengajak anak berbagi kebahagian dengan anak-anak yatim piatu dihari kelahirannya, disana anak dapat melihat bahwa masih banyak anak lain yang tidak seberuntung dirinya.

Anak akhirnya bisa belajar saling berbagi kepada sesama, juga dapat mengembangkan sikap empatinya maupun sosial emosionalnya dengan melihat dan mendengar apa yang dirasakan orang lain. Saat mulai tumbuh sikap empatinya, anak akan senang membantu tanpa pamrih.

Yuk lovers, kita tanamkan sedini-dininya keberagaman dan toleransi kepada anak, agar kita bisa hidup berdampingan  dengan nyaman, aman dan tenteram.

Selam hangat penuh cinta dan kebahagiaan

❤️ Rizkha Andhini ❤️

Postingan populer dari blog ini

MENIKMATI SOUTH KOREA DENGAN TUR VIRTUAL

PERAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK MELALUI PERMAINAN CURIO SAFARI