MENIKMATI SOUTH KOREA DENGAN TUR VIRTUAL

Hai Lovers,

South Korea, siapa yang tidak tahu negeri gingseng juga drama korea dan Kpop yang begitu nghits di Indonesia, saya salah satu orang yang suka akan semua hal tentang  South Korea dari kebudayaan, makanan, musik dan film, pastinya saya ingin sekali bekunjung kesana suatu saat.

Alhamdullilah saya bersyukur bisa mengukuti TUR VIRTUAL ke South Korea bersama komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta, sebelum benar-benar menginjakan kaki ke negeri gingseng, setidaknya saya bisa tahu destination apa saja yang harus saya kunjungi jika kesana, dan ini untuk kedua kalinya saya mengikuti Tur Virtual bersama Wisata Kreatif Jakarta.


Ada delapan itinerary yang saya kunjungi selama tur virtual melalui aplikasi zoom yang dipandu olek kak Ira, dan tur virtual ini dilakukan melalui google street, berikut tur virtual saya ke korea selatan :

INCHEON INTERNATIONAL AIRPORT (ICN)

Hal pertama saat menginjakan kaki di South Korea adalah Inchoen International Airport, bandara kebanggan orang korea ini adalah salah satu bandara terbesar dan paling sibuk di dunia, selain sebagai bandara terbersih dan transit International terbaik.

Bandara Incheon bukan hanya memiliki desain dan aristektur yang modern dan mengagumkan tetapi juga memiliki fasilitas yang tidak kalah mengesankan seperti museum kebudayaan, bioskop, pusat perbelanjaan, lapangan golf, dan lain-lain. 

TRANSPORTASI DI SOUTH KOREA

Train express adalah transportasi yang dipergunakan dari bandar Incheon ke Seoul, dan sebelum naik transportasi train express, lovers harus membeli T-Money (transit card) yang juga bisa di pergunakaan untuk membayar perjalanan seperti bus, subway hingga taxi di area seoul maupun di daerah korea selatan lainnya dan bentuk T-Money pun sangat beragam juga lucu-lucu.


GYEONGBOK PALACE 

Istana Gyeongbok adalah sebuah istana yang terletak di sebelah utara kota Korea,
Istana ini termasuk dari lima istana besar dan merupakan terbesar yang dibangun oleh Denasti Joseon.  Ada 330 buah komplek bangunan dengan 5.792 kamar. Berdiri di wilayah seluas 410.000 meter persegi, Istana Gyeongbok adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea.

Di Istana Gyeongbok setiap beberapa jam sekali akan ada pertunjukan pembukaan dan penutupan Royal Palace Gates lengkap dengan upacara pergantian penjaga istana. Upacara ini dilakukan dengan durasi 10 sampai 20 menit dan bisa disaksikan oleh semua pengunjung, dan harga tiket untuk masuk ke Istana Gyeongbok juga relatif murah, disana kita juga bisa menyewa baju traditional korea yang biasa disebut hanbok.

Didepan Istana Gyeongbok juga terdapat patung Raja Sejong, biasanya tempat ini selalu dipakai masyarakat korea untuk demontrasi, kegiatan amal dan kegiatan lainnya.

CHEONGYE STREAM 

Kalian harus tahu nih, Cheongye Stream ternyata adalah sebuah aliran kali yang berada di tengah-tengah kota Seoul, Kali Cheonggye merupakan sungai buatan. Kali ini merupakan bagian penting dari sejarah kota Seoul. 

Sebelumnya, kali ini ditutupi oleh jalan tol tetapi dengan proyek tersebut, aliran airnya dikembalikan seperti sediakala. Saat ini Kali Cheonggye merupakan salah satu lokasi wisata populer di Seoul, dengan 22 buah jembatan yang melintasinya.

HANOK VILLAGE

Jika ingin tahu seperti apa rumah tradisional korea selatan kalian bisa pergi ke Hanok Village, atau biasa disebut Kampung Hanok Bukchon, Hanok Bukchon adalah sebuah kampung rumah tradisional Korea di Seoul, Bukchon bermakna Kampung Utara dikarenakan berlokasi di sebelah utara Kali Cheonggye dan Jongno. Perkampungan ini sejarahnya merupakan permukiman dan tempat tinggal para pejabat dan anggota keluarga kerajaan Dinasti Joseon.

Rumah-rumah di Hanok Village ini ada beberapa yang di jadikan Homestay, jadi kalau lovers ingin merasakan bagaimana rasanya tinggal di rumah tradisional korea selatan, lovers bisa menginap disini, dan harga sewanya sekitar Rp.600.000 sampai Rp.700.000 permalam.


GANGNAM

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Gangnam, pasti kalian langsung ingat lagu Gangnam Style yang dipopulerkan oleh PSY. Ternyata Gamgnam adalah kawasan mewah dan modern di Seoul, yang memiliki gedung-gedung tinggi gemerlap, pusat perbelanjaan barang-barang branded, restoran dan perumahan mewah.

Di Gangnam ini juga terdapat K-Star Road yang di sepanjang jalannya terdapat patun-patung boneka yang menjadi Ikon para artis korea sebagai bentuk penghargaan, jadi kalau lovers ingin foto-foto dengan ikon idolanya bisa mampir di K-Star Road yang ada di Gangnam.


MYEONGDONG STREET

Myeongdong street merupakan pusat perbelanjaan lengkap sekaligus tempat wisata, disini lovers bisa membeli barang-barang bermerek dengan harga sedang hingga mahal. Myeongdong menjadi pusat fashion dan kehidupan malam kaula muda, di sini dijual aksesoris, kosmetik, fashion hingga makanan, tetapi yang banyak dicari adalah  atau skincare, dan sepanjang lovers berjalan didepan pertokoan kosmetik selalu diberikan sample gratis masker, jadi lovers bisa dapat masker gratis sekitar 20 lebih untuk dibawa pulang.

Makanan di Myeongdong street juga banyak yang murah-murah dan yang paling terkenal di jajanan Myeongdong ini yang wajib dicoba adalah es krim yang tinggi es krimnya 30 cm dengan menggunakan con krucut.

Lovers yang beragama non muslim bisa juga beribadah di Myeongdong, karena disini ada Gereja Katedral tertua di Korea namanya Gereja Myeongdong.

DONGDAEMUN

Dongdaemun ini juga salah satu pusat perbelanjaan terfavorit para turis asing, bisa dibilang kawasan ini seperti Tanah Abang di Jakarta, di Dongdaemun ini dijual bermacam produk lokal yang bisa lovers beli sebagai souvenir, dan dilantai 5 semua pelayannya bisa berbahasa Indonesia, jadi lovera bisa nyaman jika berbelanja disini.

SEOUL TOWER

Seoul Tower atau biasa disebut menara Namsan, adalah sebuah pemancar radio pertama di Seoul, dengan ketinggian kurang lebih mencapai 236,7 M atau 777 kaki dari permukaan laut dan dibuka untuk umum pada tahun 1980. Seoul Tower ini berada di Gunung Namsam salah satu tempat yang wajib dikunjungi, karena pemandangan yang indah.

Seoul Tower juga cocok untuk pasangan yang mau mengikat janji dengan memasang gembok pada pagar di sekitar plaza. Para pasangan menuliskan nama, inisial, bahkan pesan pendek pada gembok mereka sebelum memasangnya di pagar sebagai sebuah simbol cinta yang abadi. Aktivitas ini biasa disebut “gembok cinta” dan sangat digandrungi oleh penduduk lokal dan wisatawan. Jika lovers tidak membawa gembok sendiri, lovers bisa membelinya dari toko cendera mata disekitar Seoul Tower.

NAMI ISLAND

Nami Island adalah tempat terakhir perjalan Tur Virtul ke South Korea, Pulau Nami ini pasti sudah tidak asing lagi bagi pencinta drama korea, karena Pulau Nami  sebagai tempat membuatan Film Winter Sonata, sanking populernya drama korea Winter Sonata maka pemainnya diabadikan dengan dibuatnya patung sebagai monumen.

Pohon-pohon pinus yang berjajar rapi terlihat indah di 4 musim yang ada dikorea, disana jika ingin menginap juga bisa karena ada resort, untuk menyeberang ke Pulau Nami menggunakan kapal ferri kurang lebih 15 menit

Nah lovers, itulah cerita singkat perjalanan Tur Virtual saya bersama @KomunitasISB dan @WisataKreatifJakarta, jika lovers ingin merasakan bagaimana rasanya tetap bisa jalan-jalan disaat Lockdown karena pandemi, lovers bisa langsung kunjungi Wisata Kreatif Jakarta, karena banyak sekali Tur Virtual baik domestik maupun keluar negeri yang bisa diikuti. Semoga artikel saya bermanfaat ya 🙂

Salam hangat penuh cinta dan kebahagiaan

❤️ Rizkha Andhini ❤️









 










Komentar

http://www.inatanaya.com mengatakan…
Jadi ingat saat mengunjungi Korea. Yang paling mengesankan dengan Korea adalah negara dengan industri teknologi tinggi tapi tetap menjujnjung tinggi budayanya. Tempat-tempat yang paling populer seperti disebutkan di atas adalah tempat yang paling banyak dikunjungi. Budaya, makanan adalah yang paling bagus. Alam, biasa saja....
Desi's Corner mengatakan…
Jadi pingin ke Korsel. Baca tulisan Mbak Rizkha aja serasa lagi tur trus guidenya Mbak Rizkha. Heuheu. Dari semua destnasi yang disebut di atas. Kayaknya pingin mampir ke Dongdaemun. Emak² mode on klo nyangkut soal belanja murah².
Gita Sarrah mengatakan…
Btw kita ada di rombongan yg sama nih pas virtual tour tempo hari. Seru ya hehe. Saya jadi punya bayangan tempat mana aja yg pengen saya kunjungi kalo ke Korea. Gyeongbok palace, Hanbok village sama Nami island ��
Farichatuljannah mengatakan…
aku belum pernah ke koreaaa tapi selalu nonton koreaa huhuu kmrn mau ikutan tour virtual ini tapi kuotaku entekkk
Reni mengatakan…
Seru banget pastinya ya, virtual tour bisa mewakili semua perasaan yang ada *halah *tepokjidat
nurul rahma mengatakan…
SERUUU BANGET!
Apalagi buat para penggemar Oppa, BTS dkk
Pastinya girang nih ikutan virtual tour ke Seoul
Semoga 2021 bisa tour beneran yhaaa
chairina bawazir mengatakan…
Seru ya bisa virtualan ke korea. Jadi gak penasaran kan sama ke korea.
Ani Berta mengatakan…
Kalau ke sana wajib nih nginap di Hanok biar terasa banget di Korea nya. Oh ya Mba ini ceritanya kok kayak beneran udah ke sana walau cuma virtual. Seru!
Akarui Cha mengatakan…
Huwaaaa seru banget nih bisa baca tulisannya.

Duh jadi kebayang keseruannya.

Senangnya bisa main ke Korea Selatan. Boleh nih jadi list destinasi kalau pandemi udah kelar dan ada kesempatan main main seru ke luar negeri.
Samleinad mengatakan…
Seneng sekali ya bisa jalan2 dan lihat tempat2 yg bagus di Korea Selatan kayak gini. Meski hanya virtual, setidaknya bisa mengobati rasa bosan akibat di rumah saja selama beberapa bulan ini
Ghina Rahmatika mengatakan…
Gangnam sama Myeongdong ini paling sering ditempati syuting jg ya selain seoul. Memang sih, korea selatan ini jadi destinasi wisata yang banyak didambakan banyak orang, apalagi K-Popers ya
Wida Ariesi mengatakan…
Pengen nginep di Hanok Village trus ke Myeongdong Street belanja, aah kumpulin mimpi dulu aja hihihi. Makasih tournya mbak, kece
Karimah Iffia Rahman mengatakan…
Dimasa pandemi seperti ini wisata paling aman dan paling ngirit ya wisata virtual seperti ini :) membaca keindahan korea selatan, jadi serasa pengen kesana, tapi nyicil dulu dengan wisata virtual :)
Julia.K mengatakan…
Wah Sayang Aku Gak sempet ikutan nih kemarin. Padahal hobby banget nonton drakor hahaha
Lily Kanaya mengatakan…
Wishlist banget bisa ke Nami Island tapi bareng keluarga besar, mungkin bisa dimulai dengan jalan - jalan virtual seperti ini:)
wuland chocolately mengatakan…
Jadi kepingin pergi ke Korea... Tapi seru juga yah ternyata. Menghilangkan mupeng pergi ke Korea dengan tour virtual
R Palupi mengatakan…
Waahh ini jadi rekomendasi bangettt buat yang mau ke Korsel. Thank you yaa
vita mengatakan…
Waaa jadi kangen Korsel... Seru juga ya jalan-jalan virtual begini. Alternatif terbaik jalan-jalan di tengah pandemi..
Renayku mengatakan…
Wah jadi nostalgia ke korsel.. alhamdulillah aku pergi ke sana Januari 2018 pas winter. Rasain gmn dinginnya salju.. jadi bersyukur terlahir di indonesia yg iklimnya tropis..
Evi Sri Rezeki mengatakan…
Wih, Korsel ternyata penuh daya pikat ya. Walaupun sesekali lihat drama korea tapi jarang perhatikan settingnya hehe. Semoga bisa ke sana beneran ya, Mbak :)
Annisa Puspa Kurnia K mengatakan…
Seru bgtbya mom mngisi rasa rijdu tuk jalan2 hhu aki blm pernah ke Korea jg sukaaak ini mah
Sariah Ridwan mengatakan…
Jadi pingin beneran kesan..semoga biarpun cm virtual aja baca2 doang.. Nantinya bisa kesana..InsyaAllah.. penasaran sama gembok2 cinta😍😁
Niwanda mengatakan…
Huwaa, aku kepingin banget ikut padahal waktu itu, tapi kelewat submit fotonya, gagal deh ikutan. Berikutnya enggak boleh ketinggalan lagi nih ya, semoga masih ada virtual tour lagi yang seru bersama ISB dan Wisata Kreatif.
Agatha Revindra Widori mengatakan…
Seru banget virtual tour ke Korea ya Mba, aku belum pernah kesana tapi pengen banget candle light dinner bareng Paksu di Nami Island (pernah lihat di drakor apa ya aku lupa, sweet banget)
Indri Cume mengatakan…
Ihh seruu banget ada tur virtual gini, klo tau pasti ikutan deh soalnya aku K-Lovers banget deh haha

Postingan populer dari blog ini

PELUANG MENCARI PENGHASILAN SEBAGAI CONTENT CREATOR HANDAL BERSAMA REVU

BELANJA ONLINE DI FELANCY SEBAGAI BENTUK SELF LOVE

BIJAK MERENCANAKAN KEUANGAN DAN CARA MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN MELALUI REFERRAL PROGARAM TUNAIKU AMAR BANK