MENIKMATI SOUTH KOREA DENGAN TUR VIRTUAL

Hai Lovers,

South Korea, siapa yang tidak tahu negeri gingseng juga drama korea dan Kpop yang begitu nghits di Indonesia, saya salah satu orang yang suka akan semua hal tentang  South Korea dari kebudayaan, makanan, musik dan film, pastinya saya ingin sekali bekunjung kesana suatu saat.

Alhamdullilah saya bersyukur bisa mengukuti TUR VIRTUAL ke South Korea bersama komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta, sebelum benar-benar menginjakan kaki ke negeri gingseng, setidaknya saya bisa tahu destination apa saja yang harus saya kunjungi jika kesana, dan ini untuk kedua kalinya saya mengikuti Tur Virtual bersama Wisata Kreatif Jakarta.


Ada delapan itinerary yang saya kunjungi selama tur virtual melalui aplikasi zoom yang dipandu olek kak Ira, dan tur virtual ini dilakukan melalui google street, berikut tur virtual saya ke korea selatan :

INCHEON INTERNATIONAL AIRPORT (ICN)

Hal pertama saat menginjakan kaki di South Korea adalah Inchoen International Airport, bandara kebanggan orang korea ini adalah salah satu bandara terbesar dan paling sibuk di dunia, selain sebagai bandara terbersih dan transit International terbaik.

Bandara Incheon bukan hanya memiliki desain dan aristektur yang modern dan mengagumkan tetapi juga memiliki fasilitas yang tidak kalah mengesankan seperti museum kebudayaan, bioskop, pusat perbelanjaan, lapangan golf, dan lain-lain. 

TRANSPORTASI DI SOUTH KOREA

Train express adalah transportasi yang dipergunakan dari bandar Incheon ke Seoul, dan sebelum naik transportasi train express, lovers harus membeli T-Money (transit card) yang juga bisa di pergunakaan untuk membayar perjalanan seperti bus, subway hingga taxi di area seoul maupun di daerah korea selatan lainnya dan bentuk T-Money pun sangat beragam juga lucu-lucu.


GYEONGBOK PALACE 

Istana Gyeongbok adalah sebuah istana yang terletak di sebelah utara kota Korea,
Istana ini termasuk dari lima istana besar dan merupakan terbesar yang dibangun oleh Denasti Joseon.  Ada 330 buah komplek bangunan dengan 5.792 kamar. Berdiri di wilayah seluas 410.000 meter persegi, Istana Gyeongbok adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea.

Di Istana Gyeongbok setiap beberapa jam sekali akan ada pertunjukan pembukaan dan penutupan Royal Palace Gates lengkap dengan upacara pergantian penjaga istana. Upacara ini dilakukan dengan durasi 10 sampai 20 menit dan bisa disaksikan oleh semua pengunjung, dan harga tiket untuk masuk ke Istana Gyeongbok juga relatif murah, disana kita juga bisa menyewa baju traditional korea yang biasa disebut hanbok.

Didepan Istana Gyeongbok juga terdapat patung Raja Sejong, biasanya tempat ini selalu dipakai masyarakat korea untuk demontrasi, kegiatan amal dan kegiatan lainnya.

CHEONGYE STREAM 

Kalian harus tahu nih, Cheongye Stream ternyata adalah sebuah aliran kali yang berada di tengah-tengah kota Seoul, Kali Cheonggye merupakan sungai buatan. Kali ini merupakan bagian penting dari sejarah kota Seoul. 

Sebelumnya, kali ini ditutupi oleh jalan tol tetapi dengan proyek tersebut, aliran airnya dikembalikan seperti sediakala. Saat ini Kali Cheonggye merupakan salah satu lokasi wisata populer di Seoul, dengan 22 buah jembatan yang melintasinya.

HANOK VILLAGE

Jika ingin tahu seperti apa rumah tradisional korea selatan kalian bisa pergi ke Hanok Village, atau biasa disebut Kampung Hanok Bukchon, Hanok Bukchon adalah sebuah kampung rumah tradisional Korea di Seoul, Bukchon bermakna Kampung Utara dikarenakan berlokasi di sebelah utara Kali Cheonggye dan Jongno. Perkampungan ini sejarahnya merupakan permukiman dan tempat tinggal para pejabat dan anggota keluarga kerajaan Dinasti Joseon.

Rumah-rumah di Hanok Village ini ada beberapa yang di jadikan Homestay, jadi kalau lovers ingin merasakan bagaimana rasanya tinggal di rumah tradisional korea selatan, lovers bisa menginap disini, dan harga sewanya sekitar Rp.600.000 sampai Rp.700.000 permalam.


GANGNAM

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Gangnam, pasti kalian langsung ingat lagu Gangnam Style yang dipopulerkan oleh PSY. Ternyata Gamgnam adalah kawasan mewah dan modern di Seoul, yang memiliki gedung-gedung tinggi gemerlap, pusat perbelanjaan barang-barang branded, restoran dan perumahan mewah.

Di Gangnam ini juga terdapat K-Star Road yang di sepanjang jalannya terdapat patun-patung boneka yang menjadi Ikon para artis korea sebagai bentuk penghargaan, jadi kalau lovers ingin foto-foto dengan ikon idolanya bisa mampir di K-Star Road yang ada di Gangnam.


MYEONGDONG STREET

Myeongdong street merupakan pusat perbelanjaan lengkap sekaligus tempat wisata, disini lovers bisa membeli barang-barang bermerek dengan harga sedang hingga mahal. Myeongdong menjadi pusat fashion dan kehidupan malam kaula muda, di sini dijual aksesoris, kosmetik, fashion hingga makanan, tetapi yang banyak dicari adalah  atau skincare, dan sepanjang lovers berjalan didepan pertokoan kosmetik selalu diberikan sample gratis masker, jadi lovers bisa dapat masker gratis sekitar 20 lebih untuk dibawa pulang.

Makanan di Myeongdong street juga banyak yang murah-murah dan yang paling terkenal di jajanan Myeongdong ini yang wajib dicoba adalah es krim yang tinggi es krimnya 30 cm dengan menggunakan con krucut.

Lovers yang beragama non muslim bisa juga beribadah di Myeongdong, karena disini ada Gereja Katedral tertua di Korea namanya Gereja Myeongdong.

DONGDAEMUN

Dongdaemun ini juga salah satu pusat perbelanjaan terfavorit para turis asing, bisa dibilang kawasan ini seperti Tanah Abang di Jakarta, di Dongdaemun ini dijual bermacam produk lokal yang bisa lovers beli sebagai souvenir, dan dilantai 5 semua pelayannya bisa berbahasa Indonesia, jadi lovera bisa nyaman jika berbelanja disini.

SEOUL TOWER

Seoul Tower atau biasa disebut menara Namsan, adalah sebuah pemancar radio pertama di Seoul, dengan ketinggian kurang lebih mencapai 236,7 M atau 777 kaki dari permukaan laut dan dibuka untuk umum pada tahun 1980. Seoul Tower ini berada di Gunung Namsam salah satu tempat yang wajib dikunjungi, karena pemandangan yang indah.

Seoul Tower juga cocok untuk pasangan yang mau mengikat janji dengan memasang gembok pada pagar di sekitar plaza. Para pasangan menuliskan nama, inisial, bahkan pesan pendek pada gembok mereka sebelum memasangnya di pagar sebagai sebuah simbol cinta yang abadi. Aktivitas ini biasa disebut “gembok cinta” dan sangat digandrungi oleh penduduk lokal dan wisatawan. Jika lovers tidak membawa gembok sendiri, lovers bisa membelinya dari toko cendera mata disekitar Seoul Tower.

NAMI ISLAND

Nami Island adalah tempat terakhir perjalan Tur Virtul ke South Korea, Pulau Nami ini pasti sudah tidak asing lagi bagi pencinta drama korea, karena Pulau Nami  sebagai tempat membuatan Film Winter Sonata, sanking populernya drama korea Winter Sonata maka pemainnya diabadikan dengan dibuatnya patung sebagai monumen.

Pohon-pohon pinus yang berjajar rapi terlihat indah di 4 musim yang ada dikorea, disana jika ingin menginap juga bisa karena ada resort, untuk menyeberang ke Pulau Nami menggunakan kapal ferri kurang lebih 15 menit

Nah lovers, itulah cerita singkat perjalanan Tur Virtual saya bersama @KomunitasISB dan @WisataKreatifJakarta, jika lovers ingin merasakan bagaimana rasanya tetap bisa jalan-jalan disaat Lockdown karena pandemi, lovers bisa langsung kunjungi Wisata Kreatif Jakarta, karena banyak sekali Tur Virtual baik domestik maupun keluar negeri yang bisa diikuti. Semoga artikel saya bermanfaat ya 🙂

Salam hangat penuh cinta dan kebahagiaan

❤️ Rizkha Andhini ❤️









 










Postingan populer dari blog ini

CARA MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH DENGAN IMUGARD

KONVERMEX SALAH SATU PENCEGAH STUNTING

HIDUP HEMAT DAN SEHAT DENGAN MENGGUNAKAN SKIN APPLE SHOWER