CARA MENGENANG ORANG YANG SUDAH MENINGGAL MENURUT AJARAN ISLAM


Ketika seseorang yang kita cintai meninggal dunia, rasa sakitnya tidak akan langsung hilang, dan kita akan selalu berharap mereka tetap ada disisi kita, rasa sakit itu bisa bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Kematian orang yang kita kasihi dapat berdampak kepada diri kita lebih dalam tanpa kita sadari, kita dapat mengalami serangkaian perasaan dan reaksi, tergantung pada siapa yang meninggal dan keadaan kematiannya.

Melewati tahapan kesedihan setelah kehilangan seseorang bisa jadi sulit, dan dibutuhkan orang yang berani untuk tetap kuat dan melanjutkan hidup.

Kehilangan seseorang memang bukanlah hal  yang mudah diterima begitu saja kehadiran orang-orang yang sangat kita cintai dalam hidup tentu sangat berarti, saat mereka pergi dan tidak bisa kembali lagi tentunya seperti ada lubang dalam hati.

Mengenang orang yang sudah meninggal menjadi satu diantara cara untuk mengurangi kerinduan terhadap orang yang kita rindukan yang telah berpulang selamanya.

Bagaimana cara mengenang orang yang sudah meninggal yang baik sesuai dengan tuntunan agama Islam menurut Ustaz Zacky Mirza.

Cara Mengenang Orang Yang Sudah Meninggal :

● Dengan melanjutkan kebaikan-kebaikannya. Misalkan almarhum atau almarhumah mempunyai kebiasaan membagikan nasi kotak  setiap hari jum'at, maka kita yang masih hidup melanjutkannya. Itu bagaian dari mengirim amal jariyah.

● Menyantuni anak-anak yang ditinggalkan almarhum atau almarhumah. Jika kita ingin berbuat baik dengan orang yang sudah meninggal dengan menyantuni anaknya.

● Sebaik-baiknya kita masih hidup kalau ingin memberikan kebaikan itu dengan melanjutkan silaturahmi dengan para sahabat almarhum, keluarga almarhum bagiaan dari kita mengirimkan amal jariyah untuk mereka yang sudah meninggal.

Sebagaimana baginda Rasullulah SAW bersabda :

"Udzkuru Mahasina Mahtakum" yang artinya Sebutlah kebaikan-kebaikan orang yang sudah meninggal diantara kalian.

Jadi sekecil apapun aibnya harus dtutupi, karena kita sendiri maunya juga seperti itu. Suatu saat kita meninggal dunia, justru kita tunggu di alam kubur adalah kebaikan-kebaikan kita disepanjang hidup kita disebut orang lain.

Cara Melepaskan Kerinduan Pada Orang Yang Sudah Meninggal.

Jangan kita terjebak dalam depresi dengan terus mengenang dan belum mengikhlasakan orang yang sudah meninggalkan kita. Tips ini dapat dilakukan agar rasa kangen reda dan perasaan kita menjadi lebih baik.

● Mendoakan

Doa kita adalah hadiah terindah untuknya, disaat kapanpun dan dimanapun kita merasa kangen juga teringat sesorang yang sudah meninggal segeralah memanjatkan doa untuknya.

● Melihat Foto-Foto Mereka

Melihat kembali foto-foto kita bersama mereka yang sudah meninggalkan kita terlebih dahulu, menjadikan memori dan kenangan flashback kebersamaan kita dengan mereka, menjadikan obat tersendiri untuk meredahkan rasa kangen kita terhadap mereka yang sudah mendahului kita.

● Mendatangi Dan Berkomunikasi Dengan Orang Terdekat Mereka.

Tetaplah berhubungan dengan keluarga atau teman terdekat mereka dan jaga silaturahmi agar kita bisa sesekali bercerita tentang rasa rindu kepada orang yang sudah meninggalkan kita telebih dahulu.

● Berziarah Kemakamnya

Bila kita merasakan kangen berziarahlah kemakamnya, walaupun doa dapat dilakukan dimana saja. Berziarah juga bisa menjadi penginggat kita akan kematian, sehingga kita menjadi bijaksana dan berhati-hati dalam menjalankan hidup.

● Ingat Dan Laksanakan  Pesan-pesan Terakhirnya.

Dengan atau tanpa sengaja orang yang  akan berpulang biasanya meninggalkan pesan. Terakhir, untuk itu kita yang masih hidup ingatlah dan laksanakan pesan-pesan tersebut dengan positif.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengungkapkan rasa rindu dan mengenang mereka yang sudah meninggalkan kita terlebih dahulu dengan cara-cara yang tepat.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELANJA ONLINE DI FELANCY SEBAGAI BENTUK SELF LOVE

PELUANG MENCARI PENGHASILAN SEBAGAI CONTENT CREATOR HANDAL BERSAMA REVU

BIJAK MERENCANAKAN KEUANGAN DAN CARA MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN MELALUI REFERRAL PROGARAM TUNAIKU AMAR BANK