UPGRADE ILMU DENGAN MEMBACA, TEMUKAN TIPS AND TRICKSNYA


UPGRADE ILMU DENGAN MEMBACA, TEMUKAN TIPS AND TRICKSNYA


Hallo Lovers ❤️
Terus terang saya ini mungkin salah satu dari banyak orang Indonesia yang tidak terlalu suka membaca buku, padahal ayah saya suka sekali membaca buku dan koleksi bukunya lumayan banyak.

Ada salah salah satu buku ayah saya yang saya pinjam dan baca berulang-kali judulnya "Perjalanan Hidup Muhammad" karya Buya Hamka.

Mungkin karena alur cerita buku tersebut yang menarik sehingga saya tidak bosan membacanya bahkan membacanya berulang kali.

Berdasarkan studi "Most Littered Nation In The Word" pada tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara soal minat membaca.

Mengerikan ya !!
Sepertinya saya harus berubah dan harus memaksakan diri untuk  membaca buku minimal 1 bulan 1 buku, karena itulah cara terbaik untuk menambah wawasan dan pengetahuan, seperti ada pepatah mengatakan :

BUKU ADALAH JENDELA DUNIA 
DENGAN BERMACAM ILMU DITULISKAN

UPGRADE ILMU DENGAN MEMBACA, TEMUKAN TIPS AND TRICKSNYA
Doc Pic Lenterabijak.com


Cara menumbuhkan minta baca :

1. Senantiasa merasa haus akan ilmu.

Dengan sering menimbulkan rasa itu pada diri kita, maka akan muncul keinginan untuk bagaimana caranya kita mau membaca.

2. Mencari tahu minat.

Kita harus cari minat kita atau sesuatu yang kita suka, maka dengan sendirinya kita akan mencari buku yang menyangkut dengan hal yang kita suka tersebut.

contoh : suka fotografi, dengan sendirinya kita mencari tahu tentang dunia fotografi dari mulai kamera yang cocok untuk keperluan kita, cara penggunaannya  atau tentang sejarah kamera.

3. Mambaca hal yang relevan.

Pilih buku yang berkaitan dengan kehidupan kita, agar kita terbiasa dan senang membacanya, misalnya buku yang menyangkut dengan pekerjaan atau hobby kita.

4. Jangan ikut-ikutan.

Kita jangan pernah ikut-ikutan hal yang sebenarnya tidak kita suka hanya karena gengsi atau pengaruh teman, tentukan buku yang kita suka maka kita akan rajin membaca.

5. Meluangkan waktu.

Konsentrasi dalam membaca buku harus dilatih dengan cara meluangkan waktu untuk membaca, bukan membaca di waktu luang, dan baca buku dalam suasana yang kondusif.

6. Pahami gambaran umum dari buku.

Dengan cara melihat review dan mencari ide pokok suatu bacaan.


UPGRADE ILMU DENGAN MEMBACA, TEMUKAN TIPS AND TRICKSNYA
Doc Pic Gramedia.com


Banyak orang mencari sesuatu atau mencari jawaban dengan membaca, dan banyak juga caranya agar kita bisa membaca dan menambah pengetahuan tanpa harus ke perpustakaan.

Sekarang membaca buku favorit kita pun bisa langsung melalui gadget tanpa harus ke perpustakaan.

Banyak sekali aplikasi-aplikasi perpustakaan yang dapat memudahkan kita membaca, seperti aplikasi iPusnas dan iJakarta.


Masih malas membaca buku?
Yukk mulai sekarang biasakan diri untuk membaca agar wawasan dan pengetahuan kita bertambah.


Salam hangat penuh cinta & kebahagiaan
❤️ Rizkha Andhini ❤️












Komentar

  1. Bener, Mbak.
    Emang membaca ini menjadi salah satu cara buat upgrade ilmu, ya?
    Saya belakangan juga baca buku yang ga related sama kesukaan saya demi dapat pengetahuan lebih banyak apalagi punya anak kecil yang mulai banyak tanya.

    BalasHapus
  2. Aku tergila2 baca dari kecil, mungkin Krn papa yg slalu ngebiasain :D. Jd dulu tiap training ke LN, yg dibawa Ama papa itu buku2 cerita bergambar dari sana, yg mana liat gbrnya aja aku udh penasaran mba. Krn memang bagus , warna warni, bikin menarik utk tau lah. Sejak itu jd diajarin papa baca, dan setelah bisa, malah jd kutu buku. Tiap ultah, kado yg kami tunggu dr papa cm 1 mba. Anak yg ultah boleh ke toko buku, dan beli buku apapun, berapapun, asal kuat bawanya :p. Itu kdg sampe 20-30 buku aku dan adek2ku beli. Kita sengaja cari trolleynya yg ada roda biar kuat hahahaha.

    Makanya udh punya anak gini, aku jg semangat beliin mereka buku. Sedari skr mereka hrs suka membaca. Kdg pas ultah, aku tawarin kado yg sama kayak aku dulu. Tp mungkin Krn umurnya msh kecil jg, jd kebanyakan yg diambil buku2 mewarnai, bukan buku bacaan hahahaha. Gpp lah, yg ptg buku :D

    BalasHapus
  3. wih sudah banyak cara buat membaca terutamanya buat upgrade ilmu termasuk baca dari blog ini hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEROKOK SALAH SATU PENGHAMBAT PENYAKIT PARKINSON ? YUK KITA LEBIH MENGENAL PARKINSON

AIDO HEALTH MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG TERPERCAYA AGAR LEBIH SEHAT DAN LEBIH NYAMAN

PELUANG MENCARI PENGHASILAN SEBAGAI CONTENT CREATOR HANDAL BERSAMA REVU