Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak


Hai bunda, ternyata Ayah juga mempunyai peranan penting loh dalam tumbuh kembang & pembentukan karakter positif pada anak yang mungkin tidak diperoleh dari ibu.

Ayah bukan hanya sebagai pencari nafkah tetapi ayah adalah EQUAL PARTNER dalam pengasuhan anak, yang artinya memiliki hak & tanggung jawab yang sama dengan Ibu.



Peran Ayah dalam pengasuhan anak sangat penting, bahkan dapat mempengaruhi perkembangan Kognitif serta membangun prilaku anak hingga dewasa.

Anak yang dekat dengan Ayahnya sejak usia 9 bulan cendrung lebih aktif & kreatif ketika mereka berusia 5 tahun.

Perilaku yang sederhana seperti menggendong, memeluk, mengajak bermain anak sejak usia 9 bulan yang dilakukan Ayah dapat membuat anak memiliki prilaku yang kreatif & psikologisnya berkembang dengan baik.



Sedangkan anak yang baru merasakan perhatian Ayahnya ketika umur 5 tahun cendrung memiliki Masalah Prilaku lebih banyak di bandingkan dengan anak yang telah merasakan perhatian tersebut ketika usia 9 bulan.

Tidak hanya baik untuk kesehatan psikologi, peran Ayah dalam pengasuhan anak sejak dini dapat membentuk kompetensi sosial, inisiatif terhadap lingkungan, serta mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.




Beberapa teori menyebutkan bahwa Anak Laki-laki yang tidak mendapatkan perhatian Ayahnya rata-rata sering mengalami Kesedihan, Depresi, Hiperaktif & Murung.

Sedangkan Anak Perempuan yang Ayahnya tidak ikut dalam pengasuhan, akan cendrung memiliki sifat terlalu Mandiri & Individualis.



Peran ayah akan meningkatkan KOGNITIF, KECERDASAN, SOSIAL-EMOSIONAL & MOTORIK Anak.

❤ Ayah sebagai teman bermain, permainan fisik bersama ayah tidak hanya melatih otot & kordinasi, namun juga mengajarkan soal aturan bermain secara bergantian & fair play.

Ayah memiliki kecendrungan melakukan permainan one on one, keras & kasar. Peran ayah disini akan meningkatkan perkembangan motorik anak.

❤ Ayah sebagai guru / pembimbing, anak belajar berprilaku baik, ayah juga membantu membedakan benar atau salah, sebagai pembimbing ayah bisa mengkoreksi perbuatan yang tidak baik & menyemangati dengan pujian, ayah juga mengajarkan anak dalam mengambil keputusan sekaligus menghadapi konsekuensi dari tindakan & keputusan yang diambil anak.

Ayah yang terlibat langsung dalam mengasuh, bercanda dengan anak mereka memiliki anak-anak dengan IQ yg tinggi, serta kapasitas bahasa & kognitif yang lebih baik, disinilah peran ayah meningkatkan kecerdasan anak.

❤ Ayah sebagai pelindung, lelaki biasanya memiliki naluri melindungi, karakter inilah yang akan mengajarkan anak kelak bisa bertindak melindungi dirinya sendiri, keterlibatan ayah sejak dini pada masa-masa penting perkembangan anak akan memberikan sumber keamanan emosional bagi anak, keterlibatan ayah dalam kehidupan anak-anak sebelum usia 7 tahun dapat memberikan perlindungan psikologi terhadap ketidak mampuan menyesuaikan diri ketika mereka menjalani masa remaja.


Selain itu, anak membutuhkan dukungan asupan makanan bergizi & nutrisi yang tepat, maka berikan si kecil 2 x sehari susu #SGMEksplor atau #SGMAktif agar tumbuh kembang si kecil optimal & si kecil dapat menumbuhkan 5 potensi prestasi yaitu :

☆ Tumbuh tinggi & kuat.
☆ Percaya diri.
☆ Cerdas & kreatif.
☆ Mandiri.
☆ Supel.



Salam hangat penuh cinta & kebahagiaan ❤

@akuanaksgm
#MombassadorSGMEksplor
#BundafluencerSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju
#Parenting
#TumbuhKembangAnak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEROKOK SALAH SATU PENGHAMBAT PENYAKIT PARKINSON ? YUK KITA LEBIH MENGENAL PARKINSON

MENGUJI ARDENALIN WAHANA BARU MOLA-MOLA JET SPINNER DI OCEAN DREAM SAMUDRA ANCOL

SERING MENGALAMI NYERI TULANG BELAKANG CARI TAHU PENYEBAB DAN PENGOBATANNYA